Fenomena ALAY dan GAUL!

Alay dan Gaul? Are those things sound familiar? Ya, buat anak yg berada di ruang lingkup pergaulan muda (termasuk gue haha), dua istilah tadi cukup mencolok.
Tapi tanpa disadari, sebenarnya kedua hal tersebut saling berketerkaitan. Nyadar gak?

Alay, kalo menurut gue, simple, orang yg kelakuannya kampungan, yg annoying tapi karena dia ingin lebih GAUL dan gak mau dibilang KAMPUNGAN! Asal niru style yg lg ngetrend yg penting niatnya GAYA! Tapi menurut gue, alay lbh mencolok (dan lebih annoying jg), yakni di kelakuannya. Gaperlu gua jelasin deh, soalnya orang-orang masing-masing pendapatnya beda-beda. Tapi yang jelas gaperlu jijik yg berlebihan juga kitanya, kita gak mati kok deket deket sama ALAY hahaha

Now, GAUL, apa sih gaul? orang orang yg stylish? tau trendsetter? ke tempat-tempat yg elite? sering hangout dan nongkrong di mall? Secara umum, gua jawab iya! Karena faktanya orang yg dibilang anak gaul ya anak anak seperti itu. Tapi intinya, anak GAUL itu anak yg cenderung HIGH-CLASS (cenderung loh!) dan gamau dibilang dan disamain dgn ALAY!
Sayangnya, ini jg merambat ke media hiburan kyk musik, film, sampe gadget.

Contoh musik deh. Band A misalnya. Band A ini band indie, orang2 indie suka dan mungkin yg GAUL jg suka hehe. Makin lama, band A ini makin terkenal, anak-anak ALAY yang merasa dikucilkan karena gatau musik Indie gengsi dong, mereka cari tau ttg musik Indie dan dengerin lagu band A tadi. Dipamerinlah ke temen nongkrongnya, dan mereka jd suka. Lambat laun, anak-anak ALAY tadi bnyk yg suka band A itu jg. Anak anak GAUL yg tadi gengsi lah masa dia suka sm band yg disukain jg sm anak ALAY. Merekapun memutuskan untuk gak dengerin lagu band A lagi, walau masih ada yg ttp dengerin karena mereka penikmat musik sejati yg hasrat musiknya ngalahin rasa gengsinya.
Lantas apa salah anak ALAY? Mereka jg manusia, punya hak buat suka. Dan apakah dgn gt, si band A td mesti dibilang BAND ALAY jg? Be wise!
Dan hal ini terjadi juga di bidang gadget, film, bhkn pakaian! WOW!

Nah sekarang, keliatan gak keterkaitannya? Tanpa anak ALAY, anak GAUL gatau batas standar keGAULan mereka, begitu jg sebaliknya, tanpa anak GAUL, ALAY gatau gimana caranya gaul.

Uniknya, anak ALAY suka sensi kalo dibilang GAUL, anak GAUL malah kesel kalo dibilang ALAY. Dan uniknya (Lagi) Anak ALAY jg suka gaterima dibilang ALAY, anak GAUL jg ngerendah kalo dibilang GAUL. Sebenernya apa sih yg terjadi dengan pergaulan masa kini? Ya ampun!
Gua sendiri emang gamau dibilang ALAY, karena gue beradab, dan gak KAMPUNGAN! tapi karena gua berasal dr daerah "kampung", ya pasti ada sifat ALAYnya, entah apa
Di sisi lain gua jg gabisa bilang diri gua GAUL, karena gua blm mampu berGAUL, mall-mall GAUL aja msh bnyk yg blm prnh gua dtgin hahaha.
Tapi pasti ada sifat gue yg keALAYan maupun keGAULan, sedikit atau banyak gua gak gatau, biar orang yg menilai. Tapi kalo mereka bilang gua antara dua itu, gue nanggepinnya nyantai aja, karena gua berada diantara ALAY atau GAUL, atau mungkin lebih condong ke salah satunya? Gua jg gatau.
Yg gua tau skrg cuma hidup sewajarnya, sesuai yg gua pengen, hidup yg bikin gua nyaman, bodo amat org laen nganggep gua apa. Mau jd temen gua, terima gua apa adanya. Kalo gamau jd temen gua, yauda gausah ngurusin gua dan ngejudge seakan tau segalanya ttg gua.
Dan jujur aja, kita gabisa tau kita itu ALAY atau GAUL, selaen dr org terdeket kita yg ngejudge atau ngasih komen. Kenapa gitu? Karena kita cuma menjalani hidup kita apa adanya.

NAH! Sekarang, yg perlu kita pikirin itu, kita harus jadi manusia BERKUALITAS, PRODUKTIF, KRITIS, DAN BERGUNA BAGI ORANG BANYAK! Banyak org yg bilang pengamen anak ALAY. Tapi kalo mereka BERKUALITAS, dan PRODUKTIF, mau seGAUL apapun kalian, tetep kalah standar. Gitu jg sm anak GAUL. Mau kalian ke mall daerah kota ngabisin duit emak bapak tiap hari juga, kalian gak ada apa apanya dibanding anak rumahan --yg sbnrnya kaya raya dan bisa ke mall tiap hari kalo mau-- tapi dia PRODUKTIF dan BERKUALITAS, dia bisa menghasilkan sesuatu, yg mungkin kelak BERGUNA BAGI ORANG BANYAK.
Ayo coba pikirin.

Oke buat semua yang baca, baik anak ALAY dan anak GAUL (gua gatau yg baca termasuk yg mana, dan gua jg gatau gua termasuk yg mana hahaha). Sbnrnya bahas ginian tuh GAK AKAN ADA ABISNYA. Segini jg sbnr gak cukup hahaha.
Jd, gausah pusing mikirin kalian dibilang ALAY atau GAUL. Choose your own way! Enjoy your own life! Selama lo bahagia, mau jadi ALAY atau GAUL sekalipun gamasalah kan? Gamasalah jg kalo kalian tetep mau having fun, karena kita masih muda, dan kalo itu jalan yg kalian pilih buat ngabisin masa muda kalian, tetep gue hargai.
Yg pasti, gue udah jelasin kita bagusnya jd kayak gimana.

Gue juga lagi berusaha mengolah ide gue, imajinasi gue, mimpi gue, biar kelak gua bisa jadi manusia yg BERKUALITAS, PRODUKTIF, KRITIS, dan BERGUNA BAGI BANYAK ORANG! Semoga kita semua bisa jadi kayak gitu!
AMIN!
Wassalam, fellas!

-MANUSIA GAK AKAN PERNAH PUAS, KECUALI KITA, SEBAGAI MANUSIA, MEMBATASI DIRI KITA DENGAN CARA BANYAK BERSYUKUR KEPADA SANG PENCIPTA-

0 komentar: